-->

8 Pesona Wisata Salaman Raya, Tumpeng Menoreh Salah Satunya

Sebagai jalur penghubung utama,kota kecil ini menjadi pilihan para pengguna jalan raya,untuk sekedar istirahat sejenak melepas lelah.Tak heran jika di sepanjang jalan di penuhi dengan tempat kuliner yang siap menjamu dengan berbagai pilihan makanan.

Terletak di jalur utama penghubung dua kabupaten,Salaman merupakan sebuah kota kecil di barat daya Magelang,yang menyimpan begitu banyak keindahan alam nan rupawan.
Salaman Permai dan Pesonanya.
Bunderan Salaman
Secara administratif,Salaman merupakan sebuah kota kecamatan yang menjadi bagian dari kabupaten Magelang.Wilayah ini meliputi beberapa desa yang terbentang sampai ke perbatasan Purworejo dan juga Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dengan struktur geografis yang sebagian berbukit,Salaman memberikan pesona alam menawan yang asyik untuk di nikmati.

Beberapa tahun ini,pembangunan infrastruktur di Salaman mengalami perkembangan yang luar biasa.Terminal bus,pasar tradisional hingga jalan di desa desa,kini telah tertata rapi.Itu artinya peluang untuk meningkatkan kemajuan dalam hal ekonomi semakin terbuka lebar.
Pesona Wisata Salaman Raya.
Salaman Raya
Kesempatan ini tidak di sia siakan oleh para pemangku desa maupun pihak pihak yang berkeinginan untuk memakmurkan daerahnya.

Dengan berbekal pesona alam yang anggun,beberapa pihak mulai bereksplorasi membangun wilayahnya menjadi kawasan yang menarik sebagai sarana untuk meningkatkan pendapatan penduduk lokal,sekaligus meningkatkan citra pariwisata Salaman.
Banyak wisata alam yang sedang di galakkan pembangunannya dengan pengelolaan yang tepat sasaran.Selain wisata alam,ada juga tempat tempat bersejarah yang ada di Salaman.Hal ini tentu saja akan berdampak positif pada sektor wisata di kota kecil ini.


Beberapa tempat di Salaman yang sering di kunjungi oleh banyak orang di antaranya adalah:


  • Makam Simbah Kyai Nur Muhammad.
Sebuah kompleks makam Waliyullah,tak pernah sepi dari para peziarah yang datang dari berbagai penjuru.Konon,menurut cerita,Mbah Nur Muhammad adalah seorang yang arif bijaksana.Beliau juga menjadi salah satu guru yang mengajarkan bermacam ilmu kepada Pangeran Diponegoro,seorang pahlawan nasional yang sangat berjasa untuk negeri ini.

Setiap tahun,tepatnya saat bulan syawal,selalu di adakan acara syawalan di sekitaran kompleks ini.

Berlokasi di dusun Ngadiwongso,desa Ngadirejo,Salaman.
Pesona Wisata Salaman Raya.
Kompleks makam Mbah Nur Muhammad.
  • Gunung Banyak Angkrem.
Berada di wilayah perbukitan Menoreh,terletak di Desa Kalirejo,yang berbatasan langsung dengan wilayah kabupaten Purworejo.Anda bisa menikmati keindahan sunrise dari ketinggian.


  • Grebeg Ojek.
Acara tahunan yang berlangsung di Drojogan,Sidomulyo.Selain menyajikan grebeg ojek{baca:cilok},event ini juga di meriahkan dengan berbagai kesenian tradisional.


  • Reptil Rescue Borobudur.
Wisata edukasi tentang beragam hewan melata.
Mas Didit,sang penggagas area wisata edukatif ini memanfaatkan lokasi sekitar rumah yang luas,dan jauh dari polusi,sebagai tempat di bangunnya Reptil Rescue. Anda akan di suguhi beragam satwa jenis reptil di tempat ini.
Berlokasi di dusun Bawang,Ngadirejo.


  • Puncak Traju Mas.
Berada di wilayah Kalirejo,satu arah dengan Banyak Angkrem.
Salaman Permai dan Pesonanya.
bunderan salaman
  • Nirwana Loka Jaya Sikapat.
Berada di barat laut kota kecil Salaman,atau lebih tepatnya di jalan raya Salaman - Pancar,Ngampeldento,Magelang.Wahana yang satu ini memberikan keindahan wisata pohon pinus,dengan kesejukan alamnya yang terjaga.Tempat yang satu ini sedang dalam tahap pengembangan,salah satunya dengan membangun kolam renang untuk memanjakan para wisatawan yang datang ke sana.


  • Desa Wisata Ngargoretno.
Berada di sebelah tenggara wilayah kecamatan Salaman,desa wisata Ngargoretno menyajikan keindahan wisata alam yang begitu indah.Selain bukit marmer yang menjadi salah satu ekowisata,di tempat ini anda juga bisa menemukan bermacam kegiatan lain yang bisa di nikmati.Beberapa di antaranya adalah Tumpeng Menoreh,sebuah kawasan wisata baru yang begitu mempesona, kegiatan perah susu kambing,membatik,panen madu,dan hiburan lokal yang seru.
Pesona Wisata Salaman Raya.
@shoimsetam instagram
  • Tumpeng Menoreh Ngargoretno Salaman Magelang.

    Berada di sebelah selatan wilayah Salaman, berbatasan langsung dengan Kabupaten Purworejo dan juga Kabupaten Kulon Progo, kawasan wisata Tumpeng Menoreh memberikan sebuah warna baru pariwisata Indonesia. Berada diatas ketinggian,dengan menyuguhkan keindahan alam dan juga menyajikan berbagai menu makanan lokal yang istimewa. Kamu bisa menikmati keagungan Tuhan yang begitu indah.


Dan beberapa tempat lainnya yang bisa anda kunjungi di Salaman,seperti wisata edukasi pertanian Kebon Kliwon,Langgar Agung Menoreh,dan lain lain.

Satu lagi,jaga sopan santun di setiap tempat yang kita kunjungi.


Happy Holiday...

0 Response to "8 Pesona Wisata Salaman Raya, Tumpeng Menoreh Salah Satunya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel