-->

Sekilas Tentang 99designs.


Anda seorang desainer grafis?

Pasti tak asing dengan 99designs.Karena telah banyak desainer grafis tanah air yang memanfaatkan keberadaannya sebagai salah satu cara mencari uang lewat internet.
Bagi anda yang belum tahu,mimin kasih jabaran singkat semampunya.Hehehe.
Sekilas Tentang 99designs.
99designs.com
Melbourne,Australia menjadi kota dimana 99designs dilahirkan pada tahun 2008 silam.Meskipun perusahaan di dirikan di Australia,namun Matt Mickiewick dan Mark Harbottle malah membuka kantor 99designs di San Fransisco.

Semua itu tak lepas dari strategi bisnis perusahaan,dimana memang ketika itu contest holder dan juga para designer graphic sebagian besar berasal dari Amerika Serikat.

99designs adalah sebuah perusahaan besar dengan sistem platform freelancer,yaitu sebagai wadah yang menghubungkan penjual dan pembeli dalam bentuk kontes.

Para contest holder membuka sebuah kontes di 99designs dengan memberikan beberapa instruksi yang tertuang di dalam brief contest,yang selanjutnya akan menjadi petunjuk dasar bagi para desainer grafis untuk melakukan pekerjaannya.Biasanya kontes berlangsung selama 3-4 hari untuk babak kualifikasi,dan 3 hari untuk fase final.

Namun ada juga kontes dengan sistem fastrack,dimana kontes berlangsung selama 3-4 hari dan langsung masuk ke fase seleksi pemenang.Contest holder mempunyai waktu 14 hari untuk memilih pemenangnya.
Sekilas Tentang 99designs.
99designs.com
Untuk menjaga kualitas,pihak 99designs memberlakukan peraturan yang ketat,di antaranya pelarangan untuk mengirimkan desain yang terlalu umum atau generic.Selain itu akun para desainer grafis di bagi menjadi 3 kategori sesuai dengan tingkat kemampuan/kreatifitas mereka,yaitu:

3 kategori akun di 99designs:

  • 1. Entry Level.
Setiap akun baru pasti melewati fase entry level ini.Kenaikan level akun ke fase yang lebih tinggi,tergantung dari hasil kreatifitas para desainer grafis itu sendiri.Pihak 99designs hanya memberikan kesempatan kepada entry level untuk mengikuti 10 kontes setiap bulannya.
  • 2.Mid Level.
Mid Level adalah akun setingkat di atas entry level.Akun ini bisa mengikuti kontes lebih banyak daripada entry level.
  • 3.Top Level.
Akun setingkat di atas mid level.Akun ini bisa mengikuti semua kategori kontes yang ada di 99designs.

Selain akun desainer,kontes pun di bagi menjadi beberapa kategori,yaitu:

  • -Base.
Kontes yang bisa di ikuti oleh semua desainer yaitu entry level,mid level dan top level.
  • -Gold.
Kontes yang hanya bisa di ikuti oleh akun mid level dan top level.
  • -Platinum.
Kontes yang hanya bisa di ikuti oleh akun top level.
Sekilas Tentang 99designs.
99designs.com
Salah satu kelebihan kontes gold dan platinum adalah adanya distribusi hadiah dalam nominal tertentu,jika mereka ikut dalam fase final.Pastinya tidak sebesar hadiah utama,tapi lumayan buat beli permen,hehehe.

99designs semakin berkibar ketika mereka mampu mengakuisisi beberapa pesaingnya di Eropa dan juga Amerika[12designer dari Jerman,dan LogoChef dari Brazil],dan saat ini tempat kelahiran mereka di Melbourne menjadi pilihan sebagai kantor pusat  99designs.

Itulah sekilas tentang 99designs,yang telah banyak memberikan pundi pundi dolar ke mimin.

Semoga bermanfaat.

Salam kreatif.

0 Response to "Sekilas Tentang 99designs."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel