-->

Pesona Wisata Magelang,Selain Candi Borobudur.

Magelang,sebuah kota kecil yang menjadi penghubung dua provinsi yaitu Jawa Tengah dengan Daerah Istimewa Yogyakarta.Mempunyai kekayaan kultur budaya yang tinggi dan pesona alam yang begitu indah.

Selain memiliki Candi Borobudur sebagai sebuah destinasi utama wisata,Magelang juga mempunyai dua candi lain yang menjadi satu rangkaian prosesi ritual dengan Candi Borobudur,yaitu Candi Pawon dan juga Candi Mendut dengan posisi berada di sebelah timurnya dan berjarak hanya beberapa kilometer saja.
Pesona Wisata Magelang,Selain Candi Borobudur.
pixabay
Kota Kabupaten yang mempunyai slogan "Gemah Ripah Iman Cemerlang" atau biasa di singkat dengan kata "Gemilang" ini juga memiliki beberapa candi lain dengan ukuran lebih kecil di bandingkan dengan tiga candi di atas.Selain itu banyak tempat wisata alam maupun wisata buatan yang tersebar di segala penjuru wilayah kota ini yang bisa anda nikmati keindahannya.

Tak banyak basa basi,mari kita jelajahi satu persatu keindahan pesona wisata Magelang,yang pastinya akan membuat anda akan betah berlama lama untuk berada di kota ini.

Berikut 7 candi di Magelang yang bisa anda kunjungi:

  • 1. Candi Borobudur.
Semua pasti tahu dengan candi ini,sebuah peninggalan monumental yang menjadi salah satu warisan dunia yang di akui oleh dunia.Selain bangunan candi,di kompleks wisata ini juga terdapat beberapa museum yang menyimpan berbagai benda purbakala yang masih terkait dengan keberadaan candi.Sealain itu ada juga replika kapal phinisi,yang konon mampu berlayar sampai ke negeri Afrika.

  • 2. Candi Pawon.
Candi ini terletak di antara Candi Borobudur dan Candi Mendut.Berlokasi di dusun Brojonalan,Candi Pawon mempunyai karakteristik yang mirip dengan Candi Borobudur.Candi ini mempunyai atap dengan bentuk persegi bersusun,Dengan hiasan ornamen seperti kubah kecil di setiap sisi,tersusun rapi mengelilingi sebuah kubah yang lebih besar di tengahnya.

  • 3. Candi Mendut.
Candi ini berlokasi di desa Mendut,kecamatan Mungkid.Sebuah wilayah yang berada di sisi timur kecamatan Borobudur.Pola bangunan candi Mendut juga berbentuk persegi dengan lukisan atau berbagai relief cerita yang menghias indah di dinding kaki candi ini.

  • 4. Candi Gunung Wukir. 
Berada di ketinggian 300 Mdpl,kompleks candi ini mempunyai ukuran 50 meter persegi.Berdasarkan prasasti canggal yang di temukan,Candi Gunung Wukir menjadi candi tertua.Di bangun pada tahun 732 masehi oleh pemerintahan dinasti Sanjaya di zaman kerajaan Mataram Kuno.

  • 5. Candi Asu.  Candi Pendem. Candi Lumbung.
Berada di kecamatan Dukun,atau lebih tepatnya di desa Sengi.Candi Asu di bangun pada zaman hindu dan di peruntukkan sebagai tempat peristirahatan para raja di kala itu.Dua candi yang lain yaitu candi pendem dan candi lumbung mempunyai fungsi masing masing yaitu sebagai tempat untuk menyimpan senjata dan tempat untuk menyimpan padi dan juga harta.

  • 6. Candi Ngawen.
Sebuah candi Budha yang di bangun pada abad ke 8 oleh Dinasti Syailendra.Candi besar berdiri di tengah dengan di kelilingi oleh 5 candi kecil yang setiap sudutnya terdapat patung singa sebagai penjaga candi.Candi ini berada di desa Ngawen,kecamatan Muntilan.

  • 7. Candi Selogriyo.
Selogriyo yang mempunyai makna rumah batu,yang terdapat arca sebagai perwujudan dewa.Berada di daerah kecamatan Windusari.
Pesona Wisata Magelang,Selain Candi Borobudur.
Balkondes Sakapitu

Selain candi,berikut 11 tempat wisata di Magelang yang dapat anda jelajahi antara lain:


  •  1. Punthuk Setumbu.
Sebuah spot sunrise di barat daya kawasan wisata candi Borobudur.Terletak di perbukitan yang menjadi rangkaian dari perbukitan Menoreh yang menjadi saksi perjuangan Pangeran Diponegoro di zaman penjajahan.

  •  2. Ketep Pass.
Sebuah ketinggian yang menawarkan pemandangan indah alam sekitar.Dari gardu pandang yang tersedia di sana,anda bisa menyaksikan pemandangan gunung Merapi,gunung Merbabu,gunung Sindoro,dan juga gunung Sumbing.Anda juga bisa melihat film dokumenter tentang letusan gunung Merapi di Volcano Teater.

  •  3.Taman Rekreasi Mendut.
Area wisata ini lebih di kenal dengan nama "Kolam Renang Mendut" karena memang tersedia fasilitas kolam renang untuk dewasa maupaun untuk anak anak.Fasilitas lapangan tenis dan arena bermain anak juga hadir melengkapi wahana ini.Selain itu juga tersedia kafe untuk bersantai sambil menikmati menu menu pilihan.

  • 4. Museum H. Widayat.
Museum ini berada di dekat kolam renang Mendut.Di sini terdapat koleksi dari hasil karya H . Widayat dan juga beberapa seniman lain.

  • 5. Balai Ekonomi Desa/BALKONDES.
Salah satu balkondes yang sering di kunjungi wisatawan adalah Balkondes Sakapitu Tegalarum. Area wisata tematik yang sekaligus menjadi tempat untuk mendorong pemerataan ekonomi masyarakat.Balkondes di bangun di setiap desa yang ada di kecamatan Borobudur sebagai wisata pendukung kawasan wisata utama candi Borobudur dan menjadi  salah satu wujud kepedulian pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

  • 6. Air Terjun Curug Silawe.
Sebuah air terjun dengan ketinggian 60 meter.Salah satu potensi alam yang indah.Berada di barat laut Magelang,yaitu di desa Sutopati kecamatan kajoran.

  • 7. Air Terjun Kedung Kayang.
Air terjun dengan latar belakang gunung Merapi dan gunung Merbabu yang memiliki ketinggian 400 meter berada di wilayah Wonolelo,kecamatan Sawangan.
Pesona Wisata Magelang,Selain Candi Borobudur.
Gunung Telomoyo
  • 8. Air Terjun Sekar Langit.
Berlatar panorama indah gunung Andong dan juga gunung Telomoyo,air terjun ini di fasilitasi dengan bumi perkemahan,sehingga membuat tempat ini semakin di kenal masyarakat luas.

  • 9. Telaga Bleder.
Sebuah wisata air yang menyediakan berbagai fasilitas seperti becak air,speed boat,sampan tradisional yang berada di lereng gunung Andong.

  • 10. Pemandian Air Hangat Candi Umbul.
Di bangun pada masa Dinasti Syailendra.Konon tempat ini menjadi tempat mandi para putri raja.Pemandian ini berada di desa Kartoharjo,kecamatan Grabag.
Pesona Wisata Magelang,Selain Candi Borobudur.
facebook
  • 11. VW Safari Wisata.
Dengan mengendarai kendaraan Volkswagen keluaran tahun lama,anda akan di ajak berkeliling bermacam destinasi wisata yang ada.Bukan hanya di sekitaran Borobudur saja,karena pihak pengelola menyediakan bermacam macam pilihan paket wisata yang siap memanjakan pengunjung.

Banyak pilihan untuk bersantai ria di kota ini,siapkan waktu dan budget anda.

Selamat menikmati pesona keindahan wisata Magelang.

Selamat berjalan jalan.

0 Response to "Pesona Wisata Magelang,Selain Candi Borobudur."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel